Mengenal Greta Thunberg Aktivis Muda Asal Swedia

Mengenal Greta Thunberg Aktivis Muda Asal Swedia

Mengenal Greta Thunberg Aktivis Muda Asal Swedia – Greta Tintin Eleonora Ernman Thunberg lahir 3 Januari 2003) merupakan seseorang penggerak area Swedia yang diketahui dengan cara global sebab menantang para atasan bumi buat lekas mengutip aksi buat mitigasi Pemanasan Global.

Mengenal Greta Thunberg Aktivis Muda Asal Swedia

Mengenal Greta Thunberg Aktivis Muda Asal Swedia
style.tribunnews.com

malala-yousafzai – Thunberg awal mulanya menemukan atensi sebab era mudanya serta metode bicaranya yang saklek, bagus di depan biasa ataupun pada para atasan politik serta badan, di mana ia mempersoalkan para atasan bumi atas kekalahan mereka buat mengutip aksi yang dianggapnya lumayan buat menanggulangi darurat hawa.

Aktivisme Thunberg diawali dengan ajak orang tuanya buat mengadopsi opsi style hidup yang kurangi jejak karbonium mereka sendiri. Pada Agustus 2018, pada umur 15 tahun, beliau mulai menghabiskan hari- hari sekolahnya di luar Parlemen Swedia buat melantamkan aksi yang lebih kokoh kepada pergantian hawa dengan menggenggam ciri bertuliskan Skolstrejk för klimatet( Pemogokan sekolah buat hawa). Lekas anak didik lain ikut serta dalam keluhan seragam di komunitas mereka sendiri. Bersama- sama mereka mengorganisir aksi pemogokan hawa sekolah dengan julukan Fridays for Future. Sehabis Thunberg berpidato di Rapat Pergantian Hawa Perserikatan Bangsa- Bangsa 2018, pemogokan anak didik terjalin tiap minggu di sesuatu tempat di bumi. Pada 2019, terdapat sebagian keluhan multi- kota terkoordinasi yang tiap- tiap mengaitkan lebih dari satu juta anak didik.

Buat menjauhi penerbangan intensif tenaga, Thunberg melaut ke Amerika Utara di mana ia mendatangi KTT Kelakuan Hawa PBB 2019. Pidatonya di situ, di mana ia menganjurkan” beraninya kalian”, dengan cara besar didapat oleh pers serta dimasukkan ke dalam nada.

Baca juga : Malala Yousafzai dikecam karena mengabaikan “Israel” dalam tweet yang mengutuk

Ketenarannya yang seketika naik ke bumi buatnya jadi pemimpin

serta target kritik, paling utama sebab umurnya. Pengaruhnya di pentas bumi sudah dipaparkan oleh The Guardian serta pesan berita yang lain selaku” dampak Greta”.

Beliau menyambut bermacam apresiasi serta apresiasi, tercantum Fellowship martabat dari Geografis Warga Royal Scottish, dimasukkan dalam Durasi s 100 mayoritas orang mempengaruhi, jadi yang paling muda Durasi Individu of the Year, dimasukkan dalam Forbes catatan di Bumi 100 Most Powerful Women( 2019), serta 3 pencalonan beruntun buat Hadiah Nobel Perdamaian( 2019- 2021).

Greta Thunberg lahir pada 3 Januari 2003, di Stockholm, Swedia, gadis biduan opera Malena Ernman serta bintang film Svante Thunberg.

Eyang dari pihak papa merupakan bintang film serta sutradara Olof Thunberg.

Dalam TEDx Talk- nya

Aku di nyatakan dengan sindrom Asperger, Obsessive Compulsive Disorder(OCD) serta mutisme berhati- hati. Itu pada dasarnya berarti aku cuma berdialog kala aku pikir itu butuh. Saat ini merupakan salah satu momen itu.

– Greta Thunberg, Stockholm, November 2018

Thunberg berkata ia awal kali mengikuti mengenai pergantian hawa pada tahun 2011, kala ia berumur 8 tahun, serta tidak bisa menguasai kenapa amat sedikit yang dicoba mengenai perihal itu.

Suasana itu buatnya terhimpit serta akhirnya, pada umur 11, ia menyudahi berdialog serta makan serta kehabisan 10 kg( 22 lb) dalam 2 bulan.

Kesimpulannya, ia di nyatakan dengan sindrom Asperger, kendala obsesif- kompulsif( Obsessive Compulsive Disorder(OCD)), serta mutisme berhati- hati.

Dalam salah satu ceramah pertamanya yang menuntut kelakuan hawa, Thunberg melukiskan pandangan mutisme berhati- hati dari keadaannya selaku arti ia” cuma berdialog apabila butuh”.

Thunberg berjuang melawan tekanan mental sepanjang 3 ataupun 4 tahun saat sebelum ia mengawali pemogokan sekolahnya.

Baca juga : 10 Pahlawan yang Berjuang Melalui Kursi Pembelajaran

Kala ia mulai menentang, orang tuanya tidak mensupport aktivismenya. Bapaknya berkata ia tidak senang ia absen sekolah namun mengatakan:”[Kami] meluhurkan kalau ia mau membela diri. Ia dapat bersandar di rumah serta betul- betul tidak senang, ataupun menentang, serta senang.”

Penaksiran Sindrom Asperger diterbitkan dengan cara nasional di Swedia oleh ibunya pada Mei 2015, buat menolong keluarga lain yang hadapi suasana seragam.

Walaupun membenarkan kalau diagnosisnya” sudah menghalangi aku tadinya”, Thunberg tidak memandang Asperger- nya selaku penyakit, serta justru menyebutnya selaku” daya luar biasa”.

Sepanjang dekat 2 tahun, Thunberg menantang orang tuanya buat merendahkan jejak karbonium keluarga serta akibat totalitas kepada area dengan jadi vegan, bersepeda, serta menyudahi melambung.

Ia berkata ia berupaya membuktikan diagram serta informasi pada mereka, namun kala itu tidak sukses, ia mengingatkan keluarganya kalau mereka mencuri era depannya.

Menyudahi melambung beberapa berarti ibunya wajib membebaskan karir internasionalnya selaku biduan opera.

Dikala diwawancarai pada bulan Desember 2019 oleh BBC, bapaknya mengatakan:” Sejujurnya,( ibunya) tidak melaksanakannya buat melindungi hawa. Ia melaksanakannya buat melindungi buah hatinya sebab ia memandang alangkah berartinya perihal itu menurutnya, serta setelah itu, kala ia melaksanakan itu, ia memandang seberapa banyak( Greta) berkembang dari itu, berapa banyak tenaga yang ia bisa darinya.”

Thunberg menyanjung asumsi serta pergantian style hidup ibu dan bapaknya pada kesimpulannya dengan membagikan impian serta agama kalau ia bisa membuat perbandingan.

Cerita keluarga dikisahkan dalam novel 2018 Scenes from the Heart.

Thunberg merupakan seseorang anak didik di Franska Skolan, suatu sekolah swasta di pusat Stockholm, dari 2010 sampai 2018,

sehabis itu beliau dipindahkan ke Kringlaskolan, suatu sekolah di Södertälje.

Pada tahun 2019 diumumkan kalau beliau sudah menuntaskan kategori 9( yang ialah penanganan pembelajaran menengah awal) dengan angka yang amat bagus, mengakulasi 14 angka A serta 3 angka B.

Bagi suatu postingan di majalah Bloomberg, nilai- B ini dikabarkan dalam bahasa Swedia, ekonomi rumah tangga, serta pembelajaran badan.

Serbu di Riksdag

Pada Agustus 2018, Thunberg mengawali pemogokan hawa sekolah serta ceramah khalayak dimana ia sudah jadi penggerak hawa yang diakui dengan cara global. Dalam suatu tanya jawab dengan Amy Goodman dari Democracy Now!, tuturnya, ia awal kali menemukan ilham mengenai serbuan hawa sehabis penembakan di sekolah di Amerika Sindikat pada Februari 2018 yang menimbulkan sebagian anak muda menyangkal buat kembali ke sekolah.

Penggerak anak muda ini di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, meneruskan buat menata Karnaval buat Kehidupan Kita buat mensupport pengaturan senjata yang lebih besar.

Pada Mei 2018, Thunberg memenangkan pertandingan artikel pergantian hawa yang diadakan oleh pesan berita Swedia Svenska Dagbladet. Beberapa, ia menulis,” Aku mau merasa nyaman. Gimana aku dapat merasa nyaman kala aku ketahui kita terletak dalam darurat terbanyak dalam asal usul orang?”

Sehabis surat kabar menerbitkan artikelnya, ia dihubungi oleh Bo Thorén dari Fossil Gratis Dalsland, suatu golongan yang terpikat melaksanakan suatu mengenai pergantian hawa. Thunberg mendatangi sebagian pertemuan mereka. Salah satunya, Thorén menganjurkan supaya kanak- kanak sekolah bisa melaksanakan kelakuan macet buat pergantian hawa.

Thunberg berupaya ajak anak belia lain buat ikut serta namun” tidak terdapat yang betul- betul terpikat”, jadi kesimpulannya ia menyudahi buat meneruskan pemogokan seorang diri.

Pada 20 Agustus 2018, Thunberg, yang terkini saja mulai kategori 9, menyudahi buat tidak berpelajaran sampai penentuan biasa Swedia 2018 pada 9 September; protesnya diawali sehabis gelombang panas serta kebakaran hutan sepanjang masa panas terpanas Swedia dalam paling tidak 262 tahun.

Tuntutannya merupakan supaya penguasa Swedia kurangi emisi karbonium cocok dengan Akad Paris, serta ia menentang dengan bersandar di luar Riksdag tiap hari sepanjang 3 minggu sepanjang jam sekolah dengan ciri Skolstrejk för klimatet( pemogokan sekolah buat hawa).

Thunberg berkata kalau gurunya dibagi dalam pemikiran mereka mengenai kelasnya yang lenyap buat mengantarkan pendapatnya. Ia mengatakan:” Selaku orang, mereka berasumsi apa yang aku jalani merupakan bagus, namun selaku guru, mereka berkata aku wajib menyudahi.”

Aktivisme alat sosial

Thunberg memposting gambar hari pemogokan pertamanya di Instagram serta Twitter, dengan akun alat sosial lain dengan kilat mangulas perjuangannya. Penggerak anak muda terkenal menguatkan artikel Instagram- nya, serta di hari kedua beliau berasosiasi dengan penggerak yang lain. Perwakilan bank Finlandia Nordea mengambil salah satu tweet Thunberg pada lebih dari 200. 000 pengikut. Profil alat sosial Thunberg menarik atensi reporter lokal yang ceritanya menemukan berita global cuma dalam durasi kurang dari sepekan.

Salah satu industri alat sosial Swedia yang berpusat pada hawa merupakan We Dont Have Time( WDHT), yang dibuat oleh Ingmar Rentzhog. Ia mengklaim pemogokannya terkini mulai menarik atensi khalayak sehabis ia timbul dengan juru foto bebas serta memposting gambar Thunberg di laman Facebook serta akun Instagram- nya, serta film dalam bahasa Inggris yang ia posting di saluran YouTube industri.

Rentzhog setelah itu memohon Thunberg buat jadi advokat anak muda yang tidak dibayar buat WDHT. Ia setelah itu memakai julukan serta sketsanya tanpa sepengetahuan ataupun izinnya buat mengakulasi jutaan dolar buat anak industri nirlaba WDHT, We Dont Have Time AB, di mana Rentzhog merupakan kepala eksekutifnya.[45] Thunberg tidak menyambut duit dari industri serta mengakhiri kedudukannya selaku advokat ikhlas dengan WDHT sehabis ia mengetahui kalau mereka menciptakan duit dari namanya.

Sehabis Oktober 2018, aktivisme Thunberg bertumbuh dari keluhan individual jadi ambil bagian dalam unjuk rasa di semua Eropa; membuat sebagian ceramah khalayak populer, serta mengerahkan pengikutnya yang terus menjadi banyak di program alat sosial. Sehabis penentuan biasa Desember 2018, Thunberg lalu melaksanakan pemogokan cuma pada hari Jumat. Ia menginspirasi anak didik sekolah di semua bumi buat mengutip bagian dalam kelakuan macet anak didik. Bulan itu, lebih dari 20. 000 anak didik sudah melaksanakan kelakuan macet di paling tidak 270 kota.

Thunberg berdialog menentang Kelayakan Nasional dengan Tes Masuk( Ahli) 2020 serta Tes Masuk Bersama Tes Masuk 2020, yang hendak dicoba di India pada bulan September. Beliau berkata tidak seimbang untuk anak didik buat menjajaki tes di tengah endemi garis besar. Beliau pula berkata kalau mahasiswa India amat terserang oleh banjir yang menyerang negara- negara bagian semacam Bihar serta Assam yang menimbulkan kehancuran massal untuk warganya.

Pada 3 Februari 2021, Thunberg tweet

buat mensupport keluhan orang tani India 2020- 2021 yang lagi berjalan. Arca Thunberg terbakar di Delhi oleh penggerak patriot yang menentang keluhan orang tani; penggerak pula kritis mengenai aduk tangan global dalam permasalahan dalam India.

Tweet Greta Thunberg menyambut kritik dari Penguasa India, yang mengklaim kalau itu merupakan permasalahan dalam.[51]Dalam tweet awal mulanya, Thunberg mempertautkan ke suatu akta yang sediakan fitur kampanye untuk mereka yang mau mensupport keluhan para orang tani. Fitur ini bermuatan anjuran mengenai tagar serta metode memaraf petisi, namun pula melingkupi aksi yang dianjurkan di luar yang terpaut langsung dengan keluhan orang tani. Ia lekas menghilangkan tweet itu, berkata akta itu” tertinggal era” serta ditautkan ke alternatif

” buat membolehkan siapa juga yang tidak terbiasa dengan keluhan orang tani yang lagi berjalan di India buat lebih menguasai suasana serta membuat ketetapan mengenai gimana mensupport orang tani bersumber pada analisa mereka sendiri”.

Penggerak hawa India berumur 22 tahun yang membetulkan toolkit, Disha Ravi, dibekuk dengan dakwaan penghasutandan konspirasi pidana pada 16 Februari.

Keluhan serta ceramah di Eropa

Pidatonya sepanjang konferensi pleno dari Rapat 2018 PBB Pergantian Hawa( COP24) berangkat virus.

Ia berpendapat kalau para atasan bumi yang muncul” tidak lumayan berusia buat berkata semacam apa terdapatnya”.

Pada catok awal tahun 2019, beliau menjajaki bermacam keluhan mahasiswa di semua Eropa, serta diundang buat berdialog di bermacam forum serta parlemen. Pada Forum Ekonomi Bumi Januari 2019, Thunberg berpidato di mana ia melaporkan:” Rumah kita dibakar.”

Ia berdialog di parlemen Inggris, Eropa serta Prancis, di mana dalam permasalahan terakhir sebagian politisi kapak kananmemboikotnya. Dalam pertemuan pendek dengan Thunberg, Paus Fransiskus melafalkan dapat kasih serta mendorongnya buat meneruskan.

Pada Maret 2019, Thunberg sedang melaksanakan keluhan rutinnya di luar parlemen Swedia tiap hari Jumat, di mana anak didik lain sesekali berasosiasi dengannya. Bagi bapaknya, aktivismenya tidak mengusik profesi sekolahnya, namun durasi luangnya lebih sedikit.

Ia menuntaskan sekolah menengah awal dengan angka baik.

Pada Juli 2019, majalah Time memberi tahu Thunberg melaksanakan” tahun kelepasan jauh” dari sekolah, bernazar buat melaksanakan ekspedisi di Amerika sembari berjumpa dengan banyak orang daripergerakan hawa.

Pada Agustus 2019, Thunberg melaut melewati Samudra Atlantik dari Plymouth, Inggris, ke New York, AS, dengan kapal berdarmawisata balap Malizia II setinggi 60 kaki( 18 meter), dilengkapi dengan panel surya serta turbin dasar air. Ekspedisi itu diumumkan selaku penyeberangan transatlantik adil karbonium yang membuktikan agama Thunberg mengenai berartinya penurunan emisi.

France 24 memberi tahu kalau sebagian badan hendak melambung ke New York buat mengarungi yacht kembali ke Eropa.

Pelayaran itu berjalan sepanjang 5 simpati hari, dari 14 sampai 28 Agustus 2019. Thunberg diundang buat membagikan bukti di Panitia Penentuan DPR AS mengenai Darurat Hawa pada bertepatan pada 18 September. Ternyata membagikan bukti, ia membagikan 8 perkataan statment serta memberikan Informasi Spesial IPCC mengenai Pemanasan Garis besar 1, 5° C selaku fakta.

Pada 23 September, Thunberg mendatangi KTT Kelakuan Hawa PBB di New York City. Pada hari itu Anggaran Kanak- kanak Perserikatan Bangsa- Bangsa( UNICEF) menyelenggarakan rapat pers di mana Thunberg berasosiasi dengan 5 simpati anak yang lain tercantum Ayakha Melithafa, Alexandria Villaseñor, Catarina Lorenzo, Carl Smith, serta yang lain.

Bersama- sama, golongan itu memublikasikan kalau mereka sudah mengajukan keluhkesah sah kepada 5 negeri yang tidak terletak pada rute yang pas buat penuhi sasaran penurunan emisi yang mereka janjikan dalam akad Akad Paris mereka: Argentina, Brasil, Prancis, Jerman, serta Turki. Aduan itu menantang negara- negara itu di dasar Aturan Mana suka Ketiga buat Kesepakatan Hak Anak. Aturan merupakan metode kuasi- yudisial yang membolehkan kanak- kanak ataupun perwakilan mereka, yang percaya kalau hak- hak mereka sudah dilanggar, buat mengajukan aduan ke tubuh akad yang relevan, Panitia Hak Anak. Bila aduan sukses, negeri hendak dimohon buat menjawab, namun anjuran apa juga tidak mengikat dengan cara hukum.

Share this:

Malala Yousafzai - Info Malala Yousafzai